ads

Hari Raya Idul Fitri, Tips Mudik Hari Lebaran dengan Transportasi Terbaik

Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul fitri - Setelah 1 bulan berpuasa selama bulan Ramadhan maka hari kemenangan tiba yaitu hari lebaran Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran merupakan hari besar umat Islam sedunia, di Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam turut serta merayakan hari raya Idul Fitri. Makna dari Hari raya Idul Fitri secara harfiah berarti kembali ke fitrah, maksud kembali ke fitrah yaitu segala sesuatu di mulai dari awal dan berusaha memperbaiki semua, yang buruk di tinggalkan dan yang baik di pertahankan dan di tingkatkan. 

Hari raya Idul Fitri merupakan moment yang baik untuk berbuat lebih baik lagi dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Lebaran atau hari raya idul fitri 2016 jatuh pada tanggal 6 juni, 1 Syawal yang jatuh pada bulan Hijriyah merupakan moment istimewa di Indonesia dan dunia. Dengan datangnya hari raya Idul Fitri maka moment eksodus besar-besaran di mulai. Perpindahan sementara warga perantauan dari kota kembali ke desa di sebut Mudik, ya Mudik terjadi di Indonesia tercinta ini. 

Mudik merupakan moment tahunan yang terjadi dalam rangka menyabut Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran.

Mayoritas warga perantauan khususnya warga Jakarta akan mudik ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran. Tujuan mudik warga Jakarta berbagai kota besar di Indonesia seperti Padang, palembang, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang dan Surabaya. Tentu saja tak hanya kota besar saja tujuannya, tetapi banyak juga kota-kota kecil yang menjadi destinasi mudik warga perantauan.


Sayangnya kesadaran untuk menjaga diri sendiri dan orang lain masih di rendah di negara ini, mereka nampak cuek saja saat mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran. Mungkin yang ada di pikiran mereka yang penting mudik dan sampai di kampung halaman bagaimanapun caranya, sangat militan.

Kenapa saya bisa bilang begitu?

Di akui atau tidak di Indonesia tranportasi umum sangat buruk sekali, sehingga saat moment Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran tidak siap menghadapi lonjakan penumpang, seolah tidak belajar apa yang sudah terjadi dan berlalu dari tahun ke tahun, lambat dalam mengambil keputusan dan perencanaan.

Bukankah sudah di ketahui daerah tujuan mudik Premium yaitu kota Bandung, Semarang, Jogja, Malang, Surabaya? 

Apakah transportasi publik di Kota Anda sudah bagus?
Apakah kereta Shinkasen, kereta cepat di buat sampai Ujung Timur Jawa?(misal : anyer-panarukan)
Apakah Jalan Tol sudah terhubung ke seluruh jawa? (misal :merak-ketapang)

Saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran pemerintah masih mengandalakan jalan Daendeles sedangkan jalan pantura sangat padat, macet di berbagai titik karena pasar tumpah dan perbaikan jalan setiap tahun.
Perbaikan jalan, Pasar tumpah adalah masalah klasik saat mudik.

Saat ini perkembangan yang sangat signifikan dalam layanan transportasi yaitu Kereta Api. Patut di apresiasi dalam pelayanan kepada penumpang. Selain nyaman, sistem yang di gunakan pun sudah mulai baik. Mudah booking kereta api dan memilih seat posisi duduk saat Hari Raya Idul Fitri.

Berbeda jika kita mundur 10 tahun ke belakang pada medio 1997- 2000an sangat buruk sekali kacau dan padat. Masuk dari jendela, duduk di selasar kereta, penumpang tidur di toilet, toilet kotor, pedagang asongan sangat banyak dan tidak henti saat Hari Raya Idul Fitri, namun saat ini sudah lebih baik dan banyak perbaikan.

[ baca juga Harga Tiket Kereta Api Eksekutif Taksaka ]


Tips Mudik Hari Lebaran

10 Tips Mudik Yang Nyaman ala Lovinaku

Rencanakan Jadwal Pergi dan Pulang 


Mudik tentu sudah terjadwal dengan baik merencanakan jadwal berangkat mudik dan pulang merupakan hal krusial saat mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran. Selain untuk memastikan jatah libur bagi orang kantoran juga kepastian mendapatkan tiket mudik, entah dengan pesawat, kereta api, atau kendaraan umum.


Jaga Kesehatan


Percuma jika rencana berangkat dan pulang saat mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran sudah terencana dengan baik namun kondisi tubuh tidak sehat, tentu akan repot di jalan dan menyusahkan kerabat atau keluarga di kampung halaman. Pastikan kondisi tubuh fit dan siap melakukan perjalanan jauh atau mudik lebaran.


Siapkan Uang Saku dan Dana Tak Terduga


Memang bagi sebagian orang saat moment mudik akan boros dan pengeluaran lebih besar di bandingkan hari biasa, cara mensiasatinya yaitu menyiapakan dana candangan. Bagi pekerja kantoran maupun karyawan pabrik saat Hari Raya Idul Fitri akan mendapatkan THR atau tunjangan hari raya. Hali ini tidak berlaku bagi wiraswasta karena harus pandai mengatur pengeluaran. Oh iya tips untuk karyawan harus bijak dengam THR yang di dapat saat jangan di habiskan semua saat, harus ada sedikit yang di tabung dan di sedekahkan agar barokah dan kurangi belanja yang tidak penting pada moment Hari Raya Idul Fitri.


Packing Baju Seperlunya


Ya pusing memilih baju memang sering terjadi, sehingga baju yang kadang tak terpakai ikut di bawa karena takut kurang atau salah kostum. Caranya bisa menghitung berapa lama pergi ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran dan jika perlu pakaian yang di butuhkan dalam jumlah banyak bisa mengirim melalui ekpedisi agar tidak over load di perjalanan.


Kabari Tetangga atau Lapor RT


Tidak ada salahnya lapor tetangga untuk pamit mudik saat hendak mudik pas Hari Raya Idul Fitri, tentunya tetangga kita itu tidak mudik ya, sehingga bisa titip rumah. Jika tidak ada tetangga juga bisa lapor ke RT jika kita ingin berpergian selama beberapa hari, solusi terkahir yaitu lapor ke kepolisian untuk kepergian kita selama mudik agar polisi ketika patroli dapat meningkatkan kewaspadaan.


Matikan Perangkat Rumah Tangga yang Tidak Terpakai


Jika di list akan banyak tapi dapat di simpulkan garis besar yaitu Kompor di matikan dari tabung gas, AC di matikan, Komputer dan perangkat elektronik di putus dari sumber listrik agar tidak terjadi arus pendek.


Bawa alat Komunikasi dan Charger HP


Ini penting untuk saat ini, selain sebagai alat komunikasi Hp atau smartphone dapat di gunakan untuk keperluan navigasi GPS mode, booking hotel, dan berbagai fitur pendukung yang bermanfaat.


Check Tiket atau Kendaraan


Jika berpergian saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran dengan kendaraan umum wajib cek tiket dan siapkan tiket agar tidak tertinggal atau salah keberangkatan. Jika kalian mudik dengan kendaraan pribadi pastikan mobil kalian sehat dan tidak rewel. Bawa ke bengkel resmi merupakan solusi terbaik untuk pengalaman berkendara yang baik. Jika tidak ada kendaraan atau tiket ikut rombongan mudik gratis adalah pilihan bijak. Selain hemat mudik gratis juga aman karena di selengarakan secara resmi oleh badan usaha negara maupun swasta.


Berdoa.


Sebelum berangkat saat mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran jangan lupa berdoa agar selamat sampai tujuan.


Istirahat


Berhenti di masjid, rest area atau restoran adalah solusi terbaik saat mengantuk dan lelah mudik, jangan paksakan untuk cepat sampai di kampung halaman.


Mudik naik kereta api Indonesia


5 Moda Transportasi Terbaik Saat Mudik


Transportasi saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran dapat di pilih saat mudik ada berbagai macam bagi yang punya kendaraan pibadi saat mudik dapat dengan nyaman mudik dengan mobil dan motor untuk jarak yang tidak terlalu jauh. Jika mudik anda jauh saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran bahkan antar pulau dapat memilih pesawat terbang atau kapal laut. Berikut ini moda transportasi yang dapat di gunakan saat mudik sesuai rute dan kebutuhan anda.


Mobil dan Motor


Saat ini Mobil dan motor masih mendominasi mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran, pemudik dengan mobil dan motor memadati jalan tol Cikampek, jalan pantura, jalur nagrek. Pemudik dengan kendaraan pribadi biasanya dengan tujuan tidak terlalu jauh seperti Bandung, Bogor, Tasik, Cirebon dan berbagai kota di pulau Jawa. Harus berhati-hati dan tetap menjaga keselamatan agar selamat sampai tujuan.


Bus


Transpotasi umum bus sudah di kenal besar dan tersedia di berbagai terminal besar dan melayani rute seluruh kota baik itu di Pulau Sumatera maupun di Pulau Jawa dan Bali. Dengan harga yang murah dan relatif terjangkau, bus menjadi pilihan moda transportasi yang paling di cari saat mudik, selain itu bus dapat menjangkau kota-kota kecil yang tidak terjangkau oleh pesawat dan dan kereta api. Bus merupakan transportasi yang sering di gunakan untuk acara mudik gratis pada moment Hari Raya Idul Fitri.


Kereta Api


Medio 2013 ini kereta api naik daun sebagai transportasi umum baik saat hari biasa, hari libur nasional dan mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran. Selain terjadi perubahan yang signifikan juga kenyamanan naik kereta menjadi alasan kenapa pemudik tetap berminat dan sangat antusias mudik dengan kereta api.


Pesawat Terbang


Di antara tranportasi lainnya pesawat adalah yang paling cepat dan waktu tempuh hanya beberapa jam saja maka sudah sampai di kota tujuan, namun saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran harga akan naik 2x lipat. Market pesawat terbang adalah pemudik dengan tujuan Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan NTT. Meskipun dengan harga tinggi peminat mudik dengan pesawat terbang tidak pernah sepi peminat.


Kapal Laut dan kapal Roro


Saat ini kapal laut lebih banyak di gunakan untuk penyebrangan, karena waktu tempuh yang lama menjadikan kapal laut pilihan terakhir sebagai transportasi mudik. Untuk pelabuhan merak dan ketapang begitu sebaliknya hanya sebagai moda transportasi penyebrangan antar pulau.

[ baca juga Garuda Route Map | Garuda Indonesia flies to 40 domestic destinations ]

Memiliih transportasi untuk mudik Hari Raya Idul Fitri, Hari Lebaran memang sangat menyenangkan, pilihan di sesuaikan dengan tujuan mudik lebaran dan dana yang anda miliki. Tentu mudik ke Makassar berbeda dengan mudik ke Cilacap misalanya karena Mudik ke Makassar akan lebih efisien dengan pesawat terbang dan mudik ke Cilacap akan lebih efisien dengan kereta api.

[ baca juga Wisata Istana Ratu Boko, Sunrise dan Sunset Terbaik di Jogja ]

Saat mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri sempatkan untuk berlibur dan traveling ke destinasi wisata yang terdekat dengan kampung halaman anda. Ya hitung-hitung sambil menyelam minum air, dan juga moment yang pas untuk bertamasya bersama keluarga besar. 


Mari berwisata sambil melestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia dengan wisata ke seluruh destinasi wisata di Indonesia. Siapkan segalanya lebih awal dan rencanakan perjalanan Anda dengan baik, Happy long weekend, Selamat Hari Raya Idul Fitri. Happy Traveling to All tourist attractions In Indonesia, Hari Raya Idul Fitri, Tips Mudik Hari Lebaran dengan Transportasi Terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment