ads

Danau Ranu Kumbolo, Pesona Keindahan Danau Dari Gunung Semeru

pendakian gunung semeru
image: (http://www.hipwee.com/; http://www.kaskus.com/) 

Danau Ranu Kumbolo, Pesona Keindahan Danau Dari Gunung Semeru  

Danau Ranu Kumbolo - Bagi anda pecinta movie Indonesia pernah lihatkan film 5 cm? dalam film yang di perankan Fredi Nuril, Ralin Syah, Pervita pearce, dan Herjunot Ali tersebut menceritakan tentang 6 orang pemuda-pemudi yang mendaki gunung Semeru puncak gunung tertinggi di tanah Jawa. Pada adegan sebelum mereka sampai di puncak gunung Semeru ditampilkanlah surga danau air tawar yang tersembunyi di bawah kaki gunung Mahameru yaitu Danau Ranu Kumbolo. 

Danau Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru dan termasuk di pemerintahan Kabupaten Lumajang. Danau ini luasnya adalah sekitar 1,5 hektar, Danau Ranu Kumbolo memiliki air nan jernih ini menjadikan salah satu daya tarik wisata yang disuguhkan sebelum para pendaki menaiki gunung semeru puncak tertinggi di Jawa.

Di sekitar Danau Ranu Kumbolo juga terdapat berbagai macam prasasti peninggalan jaman kerajaan Majapahit yang berdiri dengan kokoh serta juga terdapat tugu peringatan. Tugu peringatan itu dibuat untuk mengenang para pendaki yang telah gugur di gunung Bromo. 


Kenapa Harus Buka Tenda di Ranu Kumbolo Saat Mendaki Semeru?


Jangan Malas Buka dan Packing Tenda saat kamu mendaki gunung, jika Memang Ingin mendaki ke puncak Mahameru, Nge-Camp Di Ranu Kumbolo dan Kalimati Adalah Pilihan yang Paling Ideal Untuk Menghemat Tenaga. Perjalanan pendakian Gunung Semeru tidaklah ringan, track terberat akan kamu jumpai dalam perjalanan menuju puncak Mahameru, dari Arcopodo. 

Jalur pendakian yang berbatu dan berpasir bisa membuatmu kesulitan mengatur langkah karena itu penting bagimu mempersiapkan tenaga untuk menghadapi etape pendakian paling menantang ini. 
Menghemat tenaga jadi kunci penting agar staminamu tidak habis sebelum waktunya. 

Di hari pertama, beristirahatlah dulu di Ranu Kumbolo. Buka tendamu, dan menginaplah semalam Ranu Kumbolo. Keesokan harinya kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju Kalimati. Istirahatlah dulu di Kalimati sebelum tengah malam nanti mulai berjalan ke Arcopodo, untuk kemudian menghadapi tanjakan berpasir Mahameru.

Hampir seluruh pendaki yang akan menaiki gunung semeru pasti mampir di Danau Ranu Kumbolo untuk berfoto dan membuka tenda. Pendaki sering membuka tenda dan istirahat saat di Danau Ranu Kumbolo bahkan ada yang berminggu-minggu stay di Danau Ranu Kumbolo

Debit air yang tak pernah kurang disertai dengan indahnya pemandangan di pagi hari ketika matahari terbit dan sore hari ketika matahari tenggelam. Merupakan daya tarik yang luar biasa yang tak mungkin orang akan melewatkannya. 

Di samping Danau Ranu Kumbolo ada sebuah bukit yang namanya Bukit Cinta. Pada bukit tersebut menurut mitos yang beredar di sekitar masyarakat sana jika bisa menaiki bukit itu tanpa menoleh ke belakang dengan mengucapkan nama orang yang dicintai. Maka kelak orang yang disebutkan akan benar-benar menjadi pasangan hidupnya. 

Selain itu Danau Ranu Kumbolo juga memiliki keindahan yang lain yang tak kalah luar biasanya. Ketika malam hari yang cerah pendaki akan disuguhi panorama langit yang luar biasa indah dengan gugusan bintang dan galaksi bima sakti. Semua yang ada di langit akan kelihatan begitu terang, langit akan kelihatan bertaburan dengan indahnya bintang yang mungkin tidak kita temui ketika kita di rumah. 

Untuk akses menuju Danau Ranu Kumbolo dapat ditempuh dengan menaiki bis turun di Lumajang atau Probolinggo kemudian menuju ke Klojen. Setelah dari Klojen anda naik Hardtoop kemudian turun Ranupani desa terakhir sebelum sampai di Danau Ranu Kumbolo. Setelah itu anda tinggal mempersiapkan fisik dan stamina anda untuk sampai di Danau Ranu Kumbolo.

Jika anda belum siap untuk menuju puncak tertinggi Jawa Gunung Semeru dan camping di Danau Ranu Kumbolo tidak ada salahnya juga mencoba wisata ke Gunung Bromo untuk menikmati sunrise di Bukit Pananjakan serta mampir ke bukit teletubies menikmati padang rumput savana yang luas dan melewati hamparan padang pasir yang di sebut pasir berbisik. Udara di Bromo sangat dingin hingga 2 derajat celcius saat musim kemarau jadi jangan lupa bawa jaket tebal serta sarung tangan jika perlu.

Untuk camping dan mendaki gunung Semeru di perlukan backpack atau tas carrier yang besar untuk menampung semua perlengkapan tempur mendaki gunung. Jika Anda belum punya dan berniat beli baca dulu tips dan harga jual backpack Eiger agar Anda tidak salah dalam membeli baik itu secara ukuran litter kapasitas maupun harga yang melebihi atau menguras kantong. Intinya sih cek harga dan teleti sebelum membeli.

Mari berwisata sambil melestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia dengan wisata Danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru. Siapkan segalanya lebih awal dan rencanakan perjalanan Anda dengan baik, Happy long weekend in Malang. Happy Travelling to All tourist attractions In Indonesia, Danau Ranu Kumbolo, Pesona Keindahan Danau Dari Gunung Semeru.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment