ads

Siapa Samaun Samadikun, Google Doodle Hari Ini?

Siapa Samaun Samadikun, Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle hari ini memperingati Samaun Samadikun, dilahirkan Magetan, Jawa Timur 15 April 1931Prof. Dr. Samaun Samadikun merupakan seorang dosen ITB dan pendidik yang sangat menonjol

seperti biasanya gambar yang ditampilkan Google pada halaman depan mesin pencarinya terdapat icon Prof. Dr. Samaun Samadikun. Ketika gambar itu di-klik maka akan muncul kata kunci ‘Samaun Samadikun’.

Halaman utama Google pada hari ini, Jumat (15/4/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari lahir insinyur dan ilmuwan asal Indonesia, Prof. Dr. Samaun Samadikun. siapa sebenarnya Samaun Samadikun yang dijadikan sebagai Google Doodle hari ini? 

Dikutip dari laman wikipedia. Samaun Samadikun dikenal sebagai seorang figur dosen ITB dan pendidik yang sangat menonjol sebagai teladan. Penampilan lahiriahnya sangat sederhana dan bersahaja tanpa mengurangi wibawa dan kehormatannya. 

Samaun Samadikun di kenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia yang memiliki cita-cita untuk menjadikan kota Bandung sebagai “Kota Chip” di Indonesia. Pria yang dikenal karena kepribadian dan sikapnya yang sangat sederhana dan bersahaja ini awalnya menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro di ITB pada 1950 dan lulus sebagai insinyur. Kemudian, ia pun melanjutkan kuliahnya di Universitas Standford, Amerika Serikat, dan lulus dengan gelar M.Sc pada 1957. Gelar Ph.D. pun diraihnya tahun 1971 dalam bidang teknik elektro di Universitas yang sama. 

Samaun Samadikun menempuh pendidikan Jurusan Teknik Elektro di ITB (Institut Teknologi Bandung) pada awal tahun 1950-an dan lulus sebagai insinyur. Ia kemudian memperoleh gelar M.Sc. pada tahu 1957 dan Ph.D. pada tahun 1971 di bidang teknik elektro dari Universitas Stanford di Amerika Serikat.

Beliau juga memperoleh Postgraduate Diploma bidang Nuclear Engineering dari Queen Mary, Universitas London (1960). Di Universitas Stanford pada tahun 1975, bersama K.D Wise, Prof. Samaun menciptakan paten, US Patent No 3,888,708 yang bertajuk, “Method for forming regions of predetermined in silicon”.

Prof. Dr. Samaun Samadikun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 dalam umur 75 tahun. Google Doodle hari ini hari ini, Jumat (15/4/2016) menjadi inspirasi di bidang elektronika khusunya bangsa Indonesia untuk terus maju di bidang Elektro.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment