ads

Hari Olimpiade Modern Pertama,Google Doodle 6 April 2016

Hari Olimpiade Modern Pertama,Google Doodle 6 April 2016

Google Doodle hari ini 6 April bertepatan dengan hari Olimpiade modern musim panas pertama kali digelar. Ajang olahraga internasional yang digelar empat tahunan ini pertama kali diselenggarakan di kota Athena, Yunani, dan berlangsung selama sepuluh hari. Sejarah olimpiade modern musim panas pertama kali digelar. Ajang olahraga internasional yang digelar empat tahunan ini pertama kali diselenggarakan di Athena, Yunani, dan berlangsung selama sepuluh hari itu menjadi tema logo google hari ini 6 April 2016.

Untuk di ketahui bahwa logo google doodle olimpiade hari  ini Olimpiade Modern Pertama berawal dari sejarah yang pada awalnya olimpiade hanya berlangsung di Yunani kuno sampai akhirnya pada tahun 393 M Olimpiade kuno ini dihentikan oleh Kaisar Romawi Theodosius. Olimpide kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Perancis, Pierre Fredy, Baron de Courbertin pada tahun 1896. 

Seroang tokoh dari Perancis bernama Baron Pierre de Coubertin Ia mengangkat kembali semangat Olimpiade kuno di zaman modern untuk menggaungkan persaudaraan dan perdamaian di antara bangsa-bangsa di dunia seperti yang pernah dikatakannya yang menjadi cikal bakal Olimpiade Modern Pertama. "The most important thing in the Olympic Games is not winning but taking part, just as the most important thing in life is not the triumph but the struggle The essential thing in life is not to have conquered but to have fought well"  yang menjadi logo google doodle olimpiade hari ini.

Olimpiade modern pertama itu hanya diikuti oleh 14 negara dan mempertandingkan sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, sepeda, anggar, senam, menembak, renang, tenis, angkat besi, dan gulat. Amerika Serikat berada di urutan pertama dengan perolehan medali emas terbanyak dengan atlet James Brendan Connolly sebagai peraih medali emas pertama untuk cabang atletik. Yunani di urutan kedua dalam perolehan medali terbanyak. Gambar yang menjadi logo google doodle olimpiade hari ini termasuk cabang lempar lembing.

Meskipun saat itu Yunani tidak berpengalaman dalam menyelenggarakan ajang olahraga dan disebut-sebut mempunyai masalah dalam hal keuangan, tetapi penyelenggaraan olimpiade tersebut terbilang sukses. Semangat bangsa Yunani untuk menghidupkan kembali Olimpiade dimulai seiring dengan berlangsungnya Perang Kemerdekaan antara Yunani dengan Kekaisaran Ottoman pada tahun 1821.

Ide untuk membangkitkan Olimpiade pertama kali dicetuskan oleh seorang penyair dan editor majalah bernama Panagiotis Soutsos lewat puisinya yang berjudul "Dialogue of the Dead" yang diterbitkan pada tahun 1833. Ide itu saat ini menjadi logo google doodle olimpiade hari ini 6 maret.

Evangelis Zappas, seorang bangsawan Yunani-Rumania adalah orang yang pertama kali menulis kepada Raja Otto, menawarkan untuk mendanai kebangkitan Olimpiade. Zappas mensponsori penyelenggaraan Olimpiade pada tahun 1859 yang diselenggarakan di pusat kota Athena. 

Atlet-atlet yang berpartisipasi dalam ajang tersebut berasal dari Yunani dan Kekaisaran Ottoman. Zappas juga mendanai perenovasian Stadion Panathinaiko kuno agar dapat dipakai sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade pada tahun-tahun berikutnya. 

Stadion Panathinaiko digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Olimpiade tahun 1870 dan 1875. Sekitar Tiga puluh ribu penonton menghadiri Olimpiade pada tahun 1870 namun tidak ada catatan kehadiran resmi yang tersedia untuk penyelenggaraan Olimpiade tahun 1875.  


Sejarah Olimpiade pada logo google doodle Olimpiade Modern Pertama hari ini


Pada tahun 1890, setelah menghadiri Olimpiade Wenlock, seorang sejarawan Perancis bernama Baron Pierre de Coubertin terinspirasi untuk mendirikan Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC).

Coubertin punya ide untuk menyelenggarakan suatu ajang Olimpiade internasional setiap empat tahun sekali berdasarkan ajang Olimpiade Yunani yang dibangkitkan oleh Brookes dan Zappas. Dia mempresentasikan ide ini dalam kongres pertama IOC yang berlangsung pada tanggal 16-23 Juni 1894 di Universitas Sorbonne, Paris intinya ingin mengadakan Olimpiade Modern Pertama.

Pada hari terakhir kongres, diputuskan bahwa penyelenggaraan Olimpiade internasional berada di bawah naungan IOC dan penyelenggaraan pertamanya akan dilangsungkan di Athena, Yunani pada tahun 1896. Hasil kongres juga memutuskan bahwa Demetrius Vikelas dari Yunani terpilih sebagai presiden IOC pertama. Olimpiade Musim Panas atau lebih di kenal dengan sebutan Olimpiade Modern Pertama.
Google Doodle hari ini 6 April 2016 yang bertema Olimpiade Modern Pertama sangat menarik untuk menumbuhkan semangat olaharaga dan jiwa sportif sesuai visi misi dari Olimpiade itu sendiri, selamat Hari Olimpiade Modern pertama.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment