ads

Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Tertua Indonesia

Kebun Binatang Ragunan
(google.images)

Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Tertua Indonesia 

Kebun Binatang Ragunan, merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan terletak dikawasan Cikini, Jakarta Pusat dengan luas lahan 10 hektar. Pada tahun 1964, Kebun Binatang Ragunan dipindahkan ke kawasan Ragunan, Jakarta Selatan dan dikukuhkan menjadi Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966 dengan luas area 140 hektar. Biasanya saat ulang tahun Ragunan bertepatan dengan ulang tahun Jakarta, jadi banyak pengunjung yang bingung hendak ke Jakarta Fair atau ke Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan sangat luas dengan tumbuhan besar dan juga binatang didalamnya, banyaknya tumbuhan menyebabkn suhu di kawasan Kebun Binatang Ragunan lebih sejuk dan kaya akan oksigen daripada udara kota Jakarta. Udara sejuk inilah yang dicari para pengunjung dan keluarganya hanya untuk menikmati kesejukan udara yang sangat sulit dicari dikota Jakarta sekarang ini. 

Untuk sekarang ini harga tiket masuk kawasan wisata Kebun Binatang Ragunan sangat murah dengan harga dewasa 4000 rupiah/orang dan anak-anak 3000 rupiah/orang, biaya masuk ini belum ditambah biaya asuransi sebesar 500 rupiah/orang. Harga tiket ini sangatlah murah bahkan mungkin yang termurah di Jakarta. 

Berlibur ke Kebun Binatang Ragunan dengan kendaraan pribadi atau rental untuk keluarga besar jangan lupa menitipkan kendaraan pada tempat yang telah di sediakan. Kendaraan besar seperti Bus besar terkena biaya 15 ribu rupiah perhari, untuk kendaraan angkutan kecil seperti bus kecil 12 ribu rupiah perhari, mobil pribadi terkena biaya enam ribu rupiah perhari, sepeda motor tiga ribu rupiah perhari dan yang terakhir sepeda cukup seribu rupiah perhari. 

Luasnya area Kebun Binatang Ragunan akan sangat lelah kalau berjalan kaki, cara terbaik untuk berkeliling adalah menggunakan kereta wisata dengan biaya 6500 rupiah untuk usia 3 tahun keatas. Berkeliling bisa juga menggunakan sepeda yang disewakan dengan biaya 7500 rupiah sampai 15 ribu rupiah tiap jamnya. 

[ baca juga Trans Studio Bandung,Wisata Indoor Theme Park Terbesar! ]

Kebun Binatang Ragunan memiliki berbagai macam binatang, mupai dari reptile sampai primate. Yang menjadi perhatian adalah binatang yang ada di Kebun Binatang Ragunan sangat kurang terawat dengan kurusnya binatang dan sejumlah kandang yang mulai kosong. 

Kondisi memprihatinkan ini sudah menjadi pembicaraan umum di kalangan pengunjung bahwa Kebun Binatang di Indonesia tidak terawat dengan baik sama halnya dengan Kebu Binatang Surabaya yang banyak koleksi hewan yang di miliki mati karena tidak terawat dengan baik dan benar.

Selain binatang yang berada di kandang, Kebun Binatang Ragunan memiliki pusat Primata Schmutzer yang merupakan pusat pelestarian primate terbesar didunia. Biaya tambahan sebesar lima ribu per orang akan dikenakan ketika memasuki pusat Primata Schmutzer. Kebun Binatang Ragunan ini buka mulai pukul 9 pagi sampai 4 sore setiap hari Selasa - Minggu dengan tambahan atraksi binatang setiap akhir pekan dan hari libur nasional.


Kebun Binatang Ragunan tutup pada hari Senin, hal ini di berlakukan untuk memberi istirahat binatang agar tidak stres dan lelah karena padatanya pengunjung dari hari Selasa hingga Minggu. So hindari gagal wisata ke Ragunan karena salah jadwal buka kebun binatang Ragunan. 

Mari berwisata sambil melestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia dengan wisata Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Siapkan segalanya lebih awal dan rencanakan perjalanan Anda dengan baik, Happy long weekend in Jakarta. Happy Travelling to All tourist attractions In Indonesia, Kebun Binatang Ragunan, Kebun Binatang Tertua Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment