ads

Garuda Wisnu Kencana Bali, Destinasi Wisata Cantik dari Pulau Bali

destinasi wisata di bali

Garuda Wisnu Kencana Bali, Destinasi Wisata Cantik dari Pulau Bali 

GWK Bali - Bali merupakan destinasi wisata terkenal di seluruh dunia, tidak heran banyak wisatawan berkunjung ke Bali. Bali punya tourrist attraction yang sangat kaya diantaranya Gitgit waterfall, menonton serunya Lumba-lumba di pantai Lovina, tak ketinggalan ribuan pura, dan satu yang terkenal pura tirta empul. Diantara banyak destinasi wisata Bali, cobalah mampir ke Jalan Raya Uluwatu, Unggasan di sana terdapat patung Garuda Wisnu Kencana.

Garuda Wisnu Kencana yang dikenal juga dengan GWK adalah taman budaya unggulan dari Pulau Bali. Seperti namanya, di taman budaya Garuda Wisnu Kencana ini dibangun patung Dewa Wisnu yang dikenal dewa pemelihara yang menaiki Garuda. Tetapi karena alasan yang tidak diketahui, pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana masih belum juga rampung hingga saat ini. 

Kisah singkat tentang Garuda Wisnu Kencana, Garuda merelakan diri menjadi kendaraan dari sang Dewa Wisnu sebagai tebusan karena Garuda telah lancing mengambil Pusaka Tirta Amerta milik Dewa Wisnu tanpa seijin Dewa Wisnu. Garuda mengambil Pusaka Tirta Amerta milik Dewa Wisnu untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Untuk menebus kesalahannya karena telah mengambil Pusaka Tirta Amerta tanpa ijin, Garuda menjadi kendaraan Dewa Wisnu. 

Ada pesan moral dari kisah Garuda Wisnu kencana, bakti dan pengorbanan sang garuda terhadap ibu dan juga Dewa Wisnu yang melindungi Garuda dengan menerima Garuda disisinya. 

Garuda Wisnu Kencana dengan luas 124 hektar, terapat berbagai macam patung yang kebanyakan didominasi oleh patung Garuda Wisnu Kencana. Bagi pemeluk agama hindhu, Garuda Wisnu Kencana merupakan symbol penyelamat lingkungan dan dunia karena sifat dari Dewa Wisnu adalah pemelihara. 
GWK bali

Meskipun Garuda Wisnu Kencana masih setengah jalan alias belum rampung, pemerintah Bali sudah membuka Garuda WIsnu Kencana sebagai tempat wisata umum. Garuda Wisnu Kencana selalu dipadati oleh pengunjung baik wisatawan domestic maupun mancanegara. 

Tidak hanya patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat oleh I Nyoman Nuarta saja yang bisa dilihat, terdapat juga pagelaran seni yang paling ditunggu – tunggu oleh para wisatawan. Yang paling terkenal adalah tari kecak dengan suara cak yang riuh disuarakan oleh para penari. 

Untuk lokasi persis dari wisata Garuda Wisnu Kencana Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Unggasan, Bali Selatan, 40 kilometer dari Kota Denpasar. Untuk mencapai daerah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali, sebaiknya menggunakan taksi, sewa mobil atau sepeda motor daripada harus menunggu angkutan umum yang sangat sulit didapat di Bali. Tiket masuk Garuda WIsnu Kencana seharga 50 ribu rupiah, dengan 50 ribu rupiah sudah bebas melihat tari – tarian tradisional Bali tanpa dipungut biaya lagi.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment