ads

Pura Ulun Danu Beratan, Wisata Sisi Eksotisme dari Pura di Danau Beratan

wisata Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan, Wisata Sisi Eksotisme dari Pura di Danau Beratan

Wisata Pura Ulun Danu - Kebudayaan di Bali memanglah sangat kental, sehingga menjadikan ciri khas tersendiri dimata traveller lokal maupun internasional, beragam wisata ditawarkan di Bali, mulai dari wiasata alam, hingga wisata religi, kebudayaan dan adat istiadat yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Bali menjadikan pulau ini sesuatu yang cukup menarik wistawan untuk mengunjungi. 

Budaya dan adat istiadat yang masih dilestarikan oleh masyarakat, menyajikan suatu sisi menarik dari kebudayaannya. Di Bali terdapat begitu banyak pura untuk beribadah umat Hindu mulai dari pura kecil hingga pura besar, yang tentunya ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Destinasi wisata di Bali atau tourist attractions in Bali sangat kaya di antarnya Pantai kuta, Pantai Lovina, Pura Tirta Empul tampak Siring dan salah satu yang cukup terkenal karena arsitektur bangunannya yaitu Pura Ulun danu atau Pura Danau Beratan.

Pura yang terkenal di Bali ini, Pura Ulun Danu yang berlokasi di Danau Beratan Tabanan. Wisata Pura Ulun Danu ini terletak di ujung danau Beratan, yang berada di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kab. Tabanan, Bali. Dengan jarak tempuh kira-kira 56 km dari kota Denpasar yang terkenal akan keindahannya. 

Menurut sejarah pendirian Pura Ulun Danu Beratan dapat dilacak pada salah satu kisah yang terekam dalam Lontar Babad Mengwi. Dalam babad tersebut dituturkan mengenai seorang bangsawan bernama I Gusti Agung Putu yang mengalami kekalahan perang dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. 

Untuk bangkit dari kekalahan tersebut, I Gusti Agung Putu bertapa di puncak Gunung Mangu hingga memperoleh kekuatan dan pencerahan. Selesai dari pertapaannya, ia mendirikan istana Belayu (Bela Ayu),stelah selesai membangun istana, I Gusti Agung Putu kemudian kembali berperang melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng dan memperoleh kemenangan. 

Setelah berhasil menang pada penag yang ke dua, I Gusti Agung Putu yang merupakan pendiri Kerajaan Mengwi ini mendirikan sebuah pura di tepi Danau Beratan yang kini dikenal sebagai Pura ulun Danu Beratan. 

Dalam Lontar Babad Mengwi juga dikisahkan bahwa pendirian pura ini dilakukan kira-kira sebelum tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi, atau sekitar satu tahun sebelum berdirinya Pura Taman Ayun, sebuah pura lain yang juga didirikan oleh I Gusti Agung Putu. Pendirian Pura Ulun Danu Beratan konon telah membuat masyhur Kerajaan Mengwi dan rajanya, sehingga I Gusti Agung Putu dijuluki “I Gusti Agung Sakti” oleh rakyatnya

Wisata Pura Ulun Danu atau yang dalam bahasa Indonesia berarti pura di atas danau, karena memang lokasi pura ini yang terlihat seperti mengambang di atas danau. Pura ini menjadi tempat pemujaan kepada Sang Hyang Widhi, pura dengan keindahan pemandangan yang menakjubkan yang akan memanjakan mata yang melihatnya. 

Daya tarik utama dari area kompleks pura adalah Pelinggih Telengin Segara yang berwujud merupakan bertumpang 11 dan Pelinggih Lingga Ulun Danu yang berwujud merupakan bertumpang tiga. Posisi serta latar panorama alam yang mengelilingi kedua bangunan suci ini menjadikannya mempunyai nilai estetika tinggi untuk diabadikan selain itu danau ini juga memiliki lingkungan yang sejuk karna berada di dataran tinggi Bali. 

Tidak usah kuatir bila anda ingin menginap di sekitar kompleks pura yang menawan ini, sudah tersedia banyak hotel maupun penginapan di sekitarnya, sehingga memudahkan wisatawan untuk mencari tempat menginap. 

Harga tiket masuk Wisata Pura Ulun Danu untuk WNI (domestik) Dewasa: Rp10.000/orang Anak: Rp7.500/orang Untuk WNA (Warga Negara Asing) Dewasa: Rp30.000/orang Anak: Rp15.000/orang Biaya Parkir Mobil Roda 4 : Rp5.000/mobil Bus : Rp10 ribu/bus Sepeda Motor: Rp2 ribu/motor.

Pura Ulun Danu menjadi sebuah wisata religi yang sungguh menawan di Bali, tentunya dapat menarik wisatawan datang untuk menikmati keindahan atau beribadah di pura ini dengan melestarikan kebudayaan. Bali telah terbukti dapat menjadi ikon wisata yang menarik untuk dinikmati.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment