ads

Monumen Tugu Jogja, Monumen Icon dari Kota Yogjakarta

lokasi tugu jogja

Monumen Tugu Jogja, Monumen Icon dari Kota Yogjakarta 

Monjali - Monumen Tugu Jogja kembali merupakan ikon kota Yogyakarta yang sudah berusia 3 abad. Monumen Tugu Jogja ini awalnya bernama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih sebagai penanda batas kota utara Yogyakarta. Monumen Tugu Jogja ini bukan tugu sembarangan, Monumen Tugu Jogja mempunyai banyak misteri dan makna dengan kesan mistis sebagai penghubung antara Laut Selatan, Keraton Jogja dan Gunung Merapi. 

Monumen Tugu Jogja pada awalnya dibangun untuk menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Nama awal Tugu Golog Gilig sangat menggambarkan bentuk dari Monumen Tugu Jogja, tiangnya berbentuk gilig atau silinder dengan puncak berbentuk golog atau bulan. 

Monumen Tugu Jogja, Icon dari Kota Yogjakarta yang merupakan kiblat Sri Sultan Hamengku Buwono 1 ketika melakukan meditasi menghadap langsung ke puncak Gunung Merapi. Monumen Tugu Jogja awalnya setinggi 25 kilometer yang kemudian berubah total pada 10 Juni 1897 dikarenakan gempa besar yang membuat Monumen Tugu Jogja runtuh. 

Keruntuhan Monumen Tugu Jogja mempengaruhi kerajaan Yogyakarta yang membuat keadaan kerajaan tidak menentu. Kemudian pada tahun 1889 Monumen Tugu Jogja direnovasi oleh belanda dengan merubah bentuknya menjadi persegi pada tiap sisi dengan prasasti yang menuliskan siapa saja yang terlibat dalam renovasi. 


monumen jogja kembali

[ Baca Juga : Senja di Pantai Baron Berpasir Putih | Tourist Attraction in Indonesia ]

Monumen Tugu Jogja berubah total dari awal yang berbentuk silinder dengan puncah bulat menjadi bentuk kerucut dengan tinggi 15 atau 10 meter. Sejak renovasi tersebut, berubahlah nama Monumen Tugu Jogja dari Tugu Golog Gilig menjadi De Witt Paat atau Tugu Pal Putih. 

Tujuan perubahan bentuk dari Monumen Tugu Jogja adalah untuk mengikis kepercayaan dan semangat dari masyarakat Jogja, ternyata hal tersebut salah dan tetap saja banyak perlawanan dari berbagai daerah di daerah istimewa Jogjakarta. 

Lokasi dari Monumen Tugu Jogja adalah di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, jalan Jendral Sudirman, Jalan AM Sangaji dan Jalan Pangeran Diponegoro. Sangat mudah mengakses Monumen Tugu Jogja karena lokasinya yang berada di area publik.Tidak akan ada yang menarik tiket untuk melihat Monumen Tugu Jogja. Perlu kendaraan untuk ke monumen Tugu Jogja Ini Anda dapat rental motor di Rental Motor Jogja | Bening Abadi Car Motor Rental Yogyakarta.

Monumen tugu Jogja ini merupakan salah satu destinasi wisata atau tourist attractions in Indonesia untuk kategori peninggalan bersejarah atau monument. Monumen Tugu Jogja ini sekarang biasa dikenal juga dengan sebutan Tugu Malioboro atau masyarakat jogja menyebut Monjali.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment