ads

Destinasi keindahan Air Terjun Kedongkayang di Magelang

Air Terjun Kedongkayang magelang

Destinasi keindahan Air Terjun Kedongkayang di Magelang

Air Terjun Kedongkayang berada di Magelang, tepatnya di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan. Air terjun ini terletak 3 km dari obyek wisata Gardu Pandang Ketep Pass. Secara geografis air terjun ini terletak diantara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Air Terjun Kedongkayang merupakan tourist attractions in Indonesia atau destinasi wista yang indah.

Siapkan kondisi fisik paling fit ketika berkunjung ke Air Terjung Kedongkayang dikarenakan pengunjung harus berakit – rakit kehulu, berenang – renang kemudian. Memang medan dari air terjun ini harus dilalui dengan berjalan kaki. Ya karena destinasi keindahan air terjun kedongkayang di Magelang ini berada di dalam kaki gunung, sehingga saat berangkat rutenya menurun, dan saat pulang rute menanjak tajam.

Tapi jangan patah semangat, pemandangan Air Terjun Kedongkayang sangat indah dengan air yang sangat deras meluncur dengan air yang berasal dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Air Terjun Kedongkayang merupakan wisata alam dengan air terjun alami dengan ketinggian 39 meter dengan posisi tebing 80 derajat kemiringan. 

Sumber air dari Air Terjun Kedongkayang berasal dari 4 mata air. Sekitar 60 liter per detik air turun dari atas air terjun. Air yang sangat deras dan bersih karena langsung dari sumber air selalu menggoda pengunjung untuk berenang. Air Terjun Kedongkayang termasuk aman untuk berenang karena struktur tanah yang padat dan pengawas yang merawat air terjun dengan teliti. 

Dibelakang Air Terjun Kedongkayang terdapat sebuah goa dengan lebar 2 meter dan tinggi 2,5 meter dengan panjang yang tidak diketahui. Menurut cerita masyarakat sekitar air terjung kedongkayang, goa tersebut biasa digunakan untuk meminta petunjuk dari yang Maha Kuasa. 

Tidak hanya goa yang dapat dinikmati di Air Terjun Kedongkayang, setiap hari Kamis Wage, kera – kera yang berada di sekitar Kedungkayang akan berkumpul di atas air terjun tersebut. 

Nama Kedongkayang diperoleh dari 3 Empu, yaitu Empu Panggung, Empu Putut da Empu Khalik yang pada jaman dahulu sering mengadakan pertemuan di lokasi Air Terjung Kedongkayang. Air Terjun Kedongkayang dipercaya mendatangkan berkah yang amat sangat banyak, karena lahar dari kedua gunung aktif tidak pernah turun melalui sungai yang merupakan sumber dari Air Terjun Kedongkayang. 

Air Terjun Kedongkayang yang kaya akan keindahan alam yang hijau dan juga kekayaan budaya spiritual dapat dimasuki dengan harga tiket sebesar 2500 rupiah. Selain Air Terjun Kedongkayang, Magelang memilik Wisata Ketep Pass, Destinasi Wisata unggulan Kabupaten Magelang, satu jalur dengan Air Terjun Kedongkayang.

Jadi jika Anda berkunjung ke kota Magelang dan wisata Gardu Pandang Ketep Pass luangkan waktu untuk wisata di salah satu air tejun terbaik di kota Magelang yaitu Air Terjun Kedongkayang.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment