ads

Candi Borobudur, Menelusur Eksotis Candi Budha Terbesar di Dunia

tourist attractions in Indonesia

Yuk, Menelusur Eksotis Candi Borobudur 

Candi Borobudur yang merupakan Kuil Budha terbesar didunia ini terlihat sangat menakjubkan dengan 5 teras persegi panjang konsep Mandala yang menggambarkan tiap tahap kehidupan sampai ke Nirwana. Candi Borobudur sendiri terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. 

Candi Borobudur dibangun pada tahun 800an Masehi dengan 2.672 relief dalam bentuk cerita Ramayana dan juga 504 Arca Budha. Candi Borobudur merupakan candi wajib untuk wisata sejarah dan spiritual Indonesia. 

Eksostis Dinding Candi Borobudur dipenuhi pahatan 2.672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang kurang lebih 6 km Hal ini dipuji ole dunia internasional sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, tak tertandingi dalam nilai seni. 

Relief yang terpahat di dinding candi terbagi menjadi 4 kisah utama yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana, serta Gandawyuda. Selain mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajaran-ajarannya, relief tersebut juga merekam kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu.

Teratai merupakan bentuk paling pas untuk menggambarkan Candi Borobudur, tingkatan Kamandatu dan Rupadatu digambarkan seperti kelopak bungan dengan benang sari yang diwujudkan dengan tingkan Arupadatu. Sedangkan Induk Stupa melambangkan Sang Budha yang duduk di atas teratai. 

Candi Borobudur mempunyai nilai spiritualis yang tinggi, terlihat dari bangunan candi yang amat sangat besar diluar nalar, cerita Ramayana yang diceritakan lewat relief pada tingkat kamandatu dan rupadatu sampai kepercayaan wisatawan untuk memegang budha yang berada di dalam stupa untuk mendapatkan apa yang diinginkan didunia. 

Sejarah di Temukannya Candi Borobudur

Dilihat dari sejarah, Candi Borobudur sebelum ditemukan sebenarnya hilang ditelan oleh tanah karena letusan gunung Merapi dan lebatnya hutan belantara Jawa. Pada tahun 1814 Sir Thomas Stamford Raffles yang menemukan Bunga Raflessia Arnodli dan merupakan yang membangun Negara Singapur memulai penjelajahan Candi Borobudur. 

Gubernur Sir Thomas Stamford raffles bersama pasukannya mencari dan menggali bangunan yang terlihat aneh oleh warga saat itu saat ditengah hutan. Setelah mendapat informasi dibukalah hutan di sekitar Borobudur yang melindungi Candi Borobudur. Maka Setelah selesai restorasi akibat kerusakan alam, dan selesai di pugar sudah nampak kemegahan bentuk Candi borobudur. 

Berkat jasa Gubernur Sir Thomas Stamford raffles Eksosti Candi Borobudur sekarang menjadi destinasi wisata atau tourist attractions in Indonesia dan menjadi tempat suci pemeluk agama Budha di Indonesia. 

Bukti bahwa nenek moyang Bangsa Indonesia adalah pelaut yang ulung dan tangguh dapat dilihat pada 10 relief kapal yang ada. Salah satu relief kapal dijadikan model dalam membuat replika kapal yang digunakan untuk mengarungi The Cinnamon Route dari Jawa hingga benua Afrika. 

Saat ini replika kapal yang disebut sebagai Kapal Borobudur itu disimpan di Museum Samudra Raksa. Berdasarkan prasasti Kayumwungan yang bertanggal 26 Mei 824, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga antara abad ke-8 hingga abad ke-9, berbarengan dengan Candi Mendut dan Candi Pawon

Proses pembangunan berlangsung selama 75 tahun di bawah kepemimpinan arsitek Gunadarma. Meski belum mengenal komputer dan peralatan canggih lainnya, Gunadarma mampu menerapkan sistem interlock dalam pembangunan candi. Sebanyak 60.000 meter kubik batu andesit yang berjumlah 2.000.000 balok batu yang diusung dari Sungai Elo dan Progo dipahat dan dirangkai menjadi puzzle raksasa yang menutupi sebuah bukit kecil hingga terbentuk Candi Borobudur. 

Keindahan tak tertandingi dari Eksotis Candi Borobudur dapat dilihat menjelang matahari terbenam, dimana matahari menampakkan cahaya kemerahannya pada stupa-stupa dan arca Candi Borobudur yang menambah kecantikan Eksotis Candi Borobudur. 



Borobudur Temple


Kisah Mahabarata di Relief Candi Borobudur

Di balik eksotis Candi Borobudur memiliki sebuah relief yang mengisahkan tentang satu karya sastra yang cukup terkenal yaitu Mahabarata. Mahabarata ini sebenarnya bukan kisah nyata dan juga bukan kitab agama karena penulisnya bukan Nabi. Maha barata adalah karya sastra dalam kitab adi parwa, Mahabarata adalah kitab pertama.

Terdapat kisah mengenai pandawa dan kurawa keduanya leluhurnya sama yaitu bangsa kuru tapi mempunyai sifat yang berbeda kurawa kususnya durya dana itu mempunyai sifat yang licik dia ingi menguasai seluruh harta warisan kerajaan. Maka durya dana mengundang kunti ibunya pendawa dengan anaknya lima pendawa ke-lima  anaknya di undang untuk pergi ke suatu tempat untuk bermalamyang merupakan sebuah jebakan. Ketika mereka bermalam, rumah tempat mereka menginap di bakar,namun usaha  pembunuhan tersebut gagal pandawa dan kunti berhasil lolos.

Dalam perjalannya di tengah hutan pandawa sampai pada kerajaan pancala dengan rajannya drupada, di kerajaan itu sedang ada sayembara untuk memperebutkan banyak hal tapi di antaranya adalah memperebutkan drupadi, Drupadi adalah putri kerajaan pancala. 

Pandawa ini menggunakan pakaian penyamaran pakaian brahmana mengikuti sayembara dan tentunya Arjuna yang mewakili dia mempunyai kehebatan dalam hal memanah memenangkan sayembara ini. Sesampainya pandawa di rumah dia menceritakan kepada ibunya kunti kemenangan tersebut, "kami memenangkan sayembara kami dapat hadiah lalu ibunya dengan suara berwibawa seorang ibu begini nak apapun yang kamu dapatkan kamu harus adil itu hadiah harus di bagi lima.

Pandawa sepakat hadiah di bagi lima nah kunti ibunya baru tahu bahwa hadiahnya termasuk drupadi seorang wanita karena tidak mau menjilat lidahnya dan kata-katanya maka apa boleh buat drupadi harus menikahi 5 orang laki-laki.


wisata candi Borobudur

Tiket masuk untuk menikmati eksotis Candi Borobudur untuk dewasa dikenai biaya 30 ribu rupiah per orang dan anak-anak atau pelajar 12.500 rupiah per orang. Taman wisata candi nan eksotis candi prambanan dibuka setiap hari termasuk hari libur mulai pukul 6 pagi sampai 5 sore. 


Ticket Price Foreigner Ticket Admission
Borobudur Dewasa : IDR.30.000
ANAK / PELAJAR : IDR.12.500
ADULT : $20
CHILD : $10
Sunrise / Sunset Domestic Visitor: IDR. 250.000

Foreiger Visitor: IDR 380.000

Gerbang akan ditutup menjelang magrib jam 18.00 WIB, jadi jangan sampai keasikan mencari sunset untuk mendapatkan Eksotis Candi Borobudur. Siapkan segalanya lebih awal dan rencanakan perjalanan Anda dengan baik, Happy long weekend, Happy Travelling to All tourist attractions In Indonesia, eksotis Candi Borobudur.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment